Ketahui Makanan Untuk Diabetes Berikut Ini


Penyakit diabetes adalah suatu kondisi, gula darah dalam tubuh naik yang dihasilkan dari beberapa sumber makanan karbohidrat. Makanan karbohidrat yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang akan dilepas di dalam darah. Ketika gula darah meningkat di dalam tubuh maka tubuh akan melepas insulin yang membantu mengubah gula dalam darah lalu dimasukkan dalam sel tubuh yang dapat menjadi sumber energi tubuh. Peningkatan kadar gula darah pada orang yang mengidap diabetes bisa berisiko pada kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun.

Bagi pengidap diabetes, perlu hati-hati dalam menyantap beberapa makanan. Ada beberapa makanan untuk diabetes sehat yang dapat mengurangi bahaya dari diabetes. Makanan-makanan ini dapat menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Berikut makanan yang direkomendasikan untuk konsumsi bagi penderita diabetes.

1. Bayam

Kandungan nutrisi lutein pada sayur bayam dapat menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam tubuh. Bayam termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi siapa saja. Bagi penderita diabetes, ancaman kebutaan potensinya sangat besar, oleh karena itu kandungan Lutein sering digunakan dalam pengobatan makula mata.

2. Minyak Zaitun

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun bermanfaat menurunkan kadar lippoprotein LDL ( Low Density Lippprotein ) pada tubuh yang menyebabkan kegemukan dan termasuk lemak jahat yang kurang baik bagi tubuh. Kegemukan akibat penimbunan lemak jahat ditambah jarang berolah raga akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

3. Yoghurt tanpa lemak

Yoghurt tanpa lemak, bisa jadi pilihan sehat untuk cemilan yang nikmat. Yoghurt memberi manfaat secara signifikan untuk mengurangi risiko diabetes. Menurut penelitian yogurt dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 18%.

4. Bawang Putih

Kandungan protein, vitamin A, B-1 pada bawang putih berfungsi sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat menormalkan kadar gula dalam darah. Fungsi bawang putih bagi tubuh adalah makanan untuk diabetes dengan rendah kolesterol jahat. Penyakit kolesterol dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes. Jadi anda harus bisa dengan baik menjaga kolesterol normal setiap saat.


Posting Komentar

0 Komentar