Nama - Nama Jalan Yang Unik


“Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Terus, kalau hewan atau tumbuhan yang mati, mereka akan dikenang sebagai apa?”

Adakah yang tahu, apa jawaban dari kutipan di atas? Atau, apakah sesuatu yang ada di pikiran kamu sama denganku? Jika demikian, kita cocok berarti, tos dulu! Ya, maksud aku di sini adalah bahwa hewan dan tumbuhan juga akan dikenang dalam namanya, baik sesudah hidup atau setelah mereka mati.

Bagaimana nama hewan dan tumbuhan akan dikenang oleh manusia? Salah satunya adalah diabadikan dalam nama sebuah jalan di perumahan. Seperti di Cikarang. Berdasarkan pengalamanku 10 tahun lebih menetap di kota kabupaten Bekasi itu, membuatku mengenang beberapa nama jalan yang unik yang berasal dari nama manusia, hewan dan tumbuhan.

Hewan Berkaki Empat

Nama hewan berkaki empat ini ada di kecamatan Cikarang Timur. Biasanya, nama hewan yang ada di perumahan sekitar daerah ini cenderung mengarah kepada hewan mamalia berkaki empat. Beberapa nama jalan yang paling umum digunakan adalah jalan Rusa, jalan Kancil, jalan Beruang, jalan Puma.

Sejenis Burung

Tidak mau ketinggalan dari hewan mamalia berkaki empat, nama unggas berjenis burung pun ikut meramaikan nama jalan di perumahan sekitar tempat tinggalku. Sebut saja Jalan Kasuari, jalan Cendrawasih, jalan Kenari, jalan Garuda, jalan Elang, dan jalan Rajawali yang tersebar mulai dari Cikarang Utara sampai dengan Cikarang Selatan.

Nama Bunga

Kamu suka dengan bunga? Jika iya, mungkin kamu perlu mempertimbangkan tinggal di daerah Cikarang Utara atau Cikarang Selatan. Di sana, beberapa nama bunga diabadikan sebagai nama jalan seperti Jalan Mawar, jalan Kenanga, Jalan Dahlia, Jalan Melati, jalan Lavender, jalan Cempaka, jalan Anggrek. Terbayang tidak, bagaimana nama bunga selalu menemanimu di sepanjang jalan sekitar perumahan itu. Terlebih lagi banyak yang jual gelas mug dan bunga beneran, jadi bukan nama jalannya saja yang bunga. Tertarik?

Nama Tokoh Wayang

Ini nih yang unik. Biasanya, jika menggunakan nama orang, pengembang bisnis properti seperti menggunakan nama tokoh pahlawan misalnya seperti beberapa jalan di ibukota jakarta, misalnya jalan sudirman yang di sekitar situ terdapat banyak lokasi untuk sewa kantor sudirman. Beberapa tokoh wayang berikut ini adalah bukti bahwa Cikarang lebih menyukai kenangan budaya bangsanya sebagai nama jalan seperti Jalan Arjuna, jalan Antasena, jalan Pandawa Raya, jalan Abimanyu, dan jalan Arjuna Raya.

Bagaimana? Menarik bukan? Bagaimana dengan kota kamu? Adakah sesuatu yang unik di sana?



 

Posting Komentar

0 Komentar