Begini Cara Perawatan Ban Mobil agar Awet



Ban mobil yang baik dan berkualitas akan memberi kenyamanan saat Anda berkendara. Tak hanya kualitas ban, kualitas komponen sparepart yang lain juga harus diperhatikan dengan baik. Setiap sparepart yang digunakan pada sebuah mobil harus diperhatikan kondisinya. Jika ada yang mulai rusak, maka harus segera diganti agar tidak menimbulkan bahaya.

Keamanan berkendara sangat dipengaruhi oleh sikap pengendara. Tidak hanya sikap ketika di jalan raya tapi juga ketika merawat mobil yang digunakan. Ya, perawatan mobil harus dilakukan dengan teliti agar mobil selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan berkendara bahkan untuk jarak jauh sekalipun.

Mesin menjadi salah satu bagian mobil yang membutuhkan perawatan ekstra. Namun, ternyata tidak hanya mesin mobil yang harus dirawat tetapi ban juga harus dirawat dengan baik. Kondisi ban sangat berpengaruh pada keselamatan Anda berkendara apalagi jika sering berkendara dalam kecepatan tinggi.

Perawatan Ban

Jangan hanya mau memakai tapi Anda juga harus mau merawat. Jika dirawat dengan benar maka mobil Anda juga pasti bisa dipakai dengan nyaman. Jika mobil yang Anda miliki selalu dipakai dalam kegiatan sehari-hari, maka ban menjadi salah satu komponen yang cepat rusak. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban mobil agar bisa lebih awet.

Ban memang memiliki usia pakai tertentu. Jika sudah melebihi usia pakainya, maka ban harus diganti. Tapi, seringkali ban cepat rusak bahkan jauh sebelum sampai pada batas usia pakainya. Berikut adalah beberapa tips merawat ban pada mobil Anda agar bisa lebih awet :

1. Hindari Lubang

Ketika berkendara, Anda mungkin akan melewati jalanan yang berlubang atau bergelombang. Kondisi jalan yang seperti itu bisa menurunkan performa ban pada mobil Anda. Solusinya adalah Anda harus mengurangi kecepatan ketika melewati jalan yang berlubang atau bergelombang. Usahakan agar tidak terjadi guncangan yang terlalu kuat saat melewati lubang di jalanan.

2. Memeriksa Tekanan Angin pada Ban

Pastikan Anda selalu memeriksa tekanan angin pada ban. Pastikan bahwa tekanan angin pada ban dalam posisi yang pas tidak berlebih dan tidak kurang. Jika tekanan angin berlebihan maka bisa menyebabkan ban mengeras dan mempercepat ban menjadi halus. Jika tekanan angin kurang maka tarikan mobil bisa meningkat dan menyebabkan anda jadi boros BBM.

3. Tukar Posisi Ban

Perlu diketahui bahwa posisi ban bisa berpengaruh pada kualitas ban tersebut. Kecepatan kerusakan ban bisa dipengaruhi oleh posisi ban di mobil. Ban depan biasanya cepat menipis karena sering mengalami gesekan ketika mobil berbelok. Oleh karena itu, disarankan Anda menukar posisi ban secara berkala untuk menjaga daya tahan masing-masing ban pada mobil. 

4. Perhatikan Muatan Mobil.

Demi menjaga kualitas ban yang Anda gunakan, dianjurkan untuk tidak membawa muatan berlebih di mobil. Muatan yang berlebih bisa menyebabkan beban mobil menjadi berlebih dan ban akan tertekan. Semakin sering Anda membawa beban berat maka semakin cepat ban akan menipis, jadi usahakan untuk mengurangi muatan mobil.

5. Lakukan Servis Rutin

Ini adalah hal yang paling penting untuk Anda lakukan sebagai pengendara mobil. Pastikan Anda melakukan servis mobil secara rutin. Periksakan kondisi mobil Anda secara berkala agar bisa mengetahui jika ada bagian mobil yang rusak.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat ban mobil. Walaupun Anda sibuk dengan kegiatan sehari-hari, namun usahakan untuk tetap merawat mobil dengan baik demi keselamatan Anda berkendara di jalan raya. 


 

 

Posting Komentar

0 Komentar