Jangan Sembarangan Atasi Luka Pada Anak, Simak Ulasan Berikut Ini!



Mempunyai anak balita yang super aktif membuatnya rentan sekali mengalami kecelakaan, meskipun terbilang ringan tetapi tetap saja cukup membahayakan jika tidak segera diatas. Bunda, jangan pernah samakan mengatasi luka pada orang dewasa dengan anak-anak. Begitu pula bedakan obat luka jatuh pada anak dengan orang dewasa. Sebenarnya memang sama, tetapi untuk anak lebih pastikan keamanannya dengan baik. Jangan sampai obat tersebut memberikan dampak buruk ataupun efek samping lainnya saat digunakan. Apakah Anda salah satu orang tua yang masih bingung dengan cara mengatasi luka pada anak?

Berbicara mengenai luka yang dapat membuat kulit tidak sempurna, terbagi dalam beberapa jenis seperti berikut :

1. Luka terbuka.

Ini merupakan salah satu jenis luka yang terjadi akibat goresan benda tajam, gigitan serangga, hewan peliharaan dan masih banyak lagi lainnya. Untuk jenis ini tentu saja bisa langsung diatasi sendiri tanpa perlu ke dokter. Bersihkan luka, gunakan antiseptik. Gunakan perban dan jika terlihat memburuk baru dibawa ke dokter.

2. Luka tertutup.

Lalu ada jenis luka tertutup dimana ini terjadi akibat terkena benda tumpul, terjepit pintu, lemari dan lainnya. Umumnya tidak mengeluarkan darah berlebih hanya saja muncul tanda kebiruan dan bengkak pada bagian tersebut. Untuk hal ini bisa langsung kompres dengan menggunakan air dingin dan obat untuk mengurangi memar.

3. Luka bakar.

Akibat dari luka bakar sendiri sangat beragam, mulai dari akibat percikan minyak goreng, akibat terbakar api, knalpot dan masih banyak lagi lainnya. Untuk penanganan luka bakar sendiri bisa dilihat dari tingkatannya, untuk obat luka bakar kena minyak panas tentu berbeda dengan akibat lainnya.

Nah, itulah jenis luka yang bisa Anda pahami dengan cara penanganan yang berbeda-beda. Jika memang Anda mengalami masalah saat merasa dan mengalami ketidakbiasaan pada luka bisa langsung konsultasikan lebih lanjut lagi kepada dokter yang ahli. Umumnya memang setiap dokter akan memberikan obat, antiseptik ataupun solusi yang lainnya sesuai dengan jenis atau masing-masing dari luka tersebut. Sekian, semoga dapat bermanfaat bagi anak para pembaca semuanya. 



Posting Komentar

0 Komentar