Begini Sikap Bijak Orangtua Mendukung "Game Online" untuk Anak



Seiring dengan kemajuan teknologi digital, belakangan ini dunia anak-anak sangat erat berhubungan dengan permainan yang berbasis online atau lebih banyak orang mengenal dengan game online. Agaknya jenis permainan ini mempunyai daya tarik yang begitu besar sehingga sulit dipisahkan dari anak-anak. Tidak heran jadinya kalau setiap hari anak-anak tidak bisa lepas dari game online, bahkan bisa menyita sebagian besar waktunya.

Oleh karenanya, cukup beralasan jika ada sebagian orangtua yang sampai saat ini masih mempunyai rasa khawatir terhadap dampak buruk yang mungkin timbul akibat permainan ini. Sikap demikian tentu tidak salah, karena telah ada beberapa fakta yang membuktikan. Kita tentu sering mendengar kejadian anak sampai kecanduan game online, anak sampai lupa makan, tidak mau belajar karena game online. Itu contoh kecil dampak negatif dari game online yang bisa terjadi di kalangan anak-anak. Sebagai orangtua, tentu kita tidak menghendaki kejadian seperti itu menimpa pada diri anak-anak kita.

Bagaimana orangtua harus bersikap?

Sebagai orangtua yang bijak sudah seharusnya menyadari bahwa pada kondisi seperti saat ini tidak mungkin lagi kita memisahkan game online dari anak. Game online sudah menjadi kebutuhan bagi anak-anak. Melarang anak bermain game tentu bukan cara yang efektif, mengingat permainan ini sudah begitu besar pengaruhnya terhadap anak-anak. Tidak menutup kemungkinan, melarang justru bisa berakibat lebih buruk bagi anak.

Orangtua yang bijak lebih baik mengambil sisi positif dari maraknya game online ini. Harus disadari disamping dampak negatif, game online tentu masih ada dampak positifnya. Sebut saja, misalnya mulai dari meningkatkan konsentrasi, mengasah pola berpikir, belajar berorganisasi, kerjsama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini yg perlu dimanfaatkan untuk perkembangan anak.

Semua itu bisa dicapai tentu dengan syarat, yaitu jika bermain game dilakukan dengan cara yang tepat. Salah satu caranya adalah orang tua wajib memilih jenis game online yang sesuai untuk anak-anaknya. Bagaimana caranya? Tidak sulit, cukup manfaatkan voucher game UniPin untuk bermain game online, maka Anda akan disuguhi banyak pilihan jenis permainan, tentu banyak juga yang sesuai dan memberi manfaat bagi anak-anak. Perlu Anda ketahui, banyaknya game yang termasuk dalam jaringan UniPin menjadi salah satu keunggulan voucher game satu ini.

Berikut beberapa tips memilih game online yang bisa Anda jadikan referensi untuk mendapatkan jenis game yang tepat dan berkualitas bagi anak. 

1. Menghindari game yang mengandung unsur kekerasan

Banyak game online yang ada adegan kekerasan atau penggunaan kata-kata umpatan di dalam kontennya. Hal ini bisa memberikan efek yang sangat buruk pada anak karena mereka mudah sekali meniru apa saja yang dilihat. Umumnya jenis game ini banyak disukai anak laki-laki. Untuk kebaikan anak, tentu jenis game ini harus dihindari. 


2. Memilih game yang bersifat edukasi

Memilih game online yang mengandung unsur pendidikan sangat penting, karena anak-anak lebih senang bermain daripada belajar. Agar anak tetap bisa belajar dengan senang, maka game menjadi media yang sangat baik. Ada banyak sekali jenis permainan yang mengedukasi anak dengan baik.

Selain itu, pada kenyataannya, game online yang beredar saat ini banyak yang tersedia dalam bahasa Inggris. Ini artinya game online bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk belajar bahasa Inggris. 

3. Memilih game sesuai usia

Tentukan jenis permainan sesuai dengan usia anak agar tepat sasaran. Dalam kata lain jangan sampai game yang dimainkan anak Anda tidak memberikan manfaat apa-apa, justru bisa memberi efek yang buruk. Di sinilah pentingnya memanfaatkan game untuk membantu perkembangan anak di masa-masa pertumbuhannya. 

4. Memilih game yang menantang

Pemilihan game jenis ini dimaksudkan untuk membantu anak agar terbiasa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Agar anak tidak kesulitan, maka jenis game harus tetap disesuaikan dengan usia, seperti yang telah disebutkan di atas. 

5. Memilih game yang bisa menambah pengetahuan

Mulai pertimbangkan mencarikan game bagi anak yang bisa menambah pengetahuan umumnya. Bisa dipilih misalnya, permainan tentang metode perhitungan matematika, sejarah kerajaan asing, atau tokoh-tokoh berpengaruh di dunia. 

6. Memilih game tentang solidaritas

Memilih game online jenis ini dapat membantu anak Anda berlatih rasa kepedulian terhadap sesama. Jadi selain Anda mendidiknya secara langsung, ketika sang anak bermain game berarti secara tidak langsung juga ia sudah belajar mengenai hal tersebut. Bahkan cara tersebut jauh lebih efektif karena anak menerima pembelajaran dengan perasaan lebih senang.

Itulah beberapa tips memilih game online yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Jadikan game online sebagai hal yang bermanfaat bagi anak, bukan menjadi hal yang merugikan. Manfaatkan UniPin untuk mendapatkan game online yang berkualitas. 





Posting Komentar

0 Komentar