Bingung Memilih Asuransi, Ini Beberapa Poin yang Bisa Anda Jadikan Pedoman

Membeli asuransi bagi banyak orang bisa menjadi masalah yang tidak gampang. Untuk memahami seluk-beluk asuransi dari definisi, makna dan maksud dari berbagai istilah dalam asuransi bisa menyebabkan kebingungan dan mungkin membuat Anda sakit kepala. Oleh karenanya membeli asuransi tentu tidak menyenangkan.

Namun di balik itu, coba bayangkan hidup Anda tanpa asuransi. Anda bisa kehilangan semua yang Anda miliki karena kebakaran misalnya, dan tidak memiliki asuransi untuk membantu mengembalikan hidup Anda ke kondisi normal. Bagaimana perasaan Anda kalau sudah demikian? 



Bagi orang awam, alasan kesulitan memahami asuransi bisa jadi penyebab mereka kurang tertarik untuk memiliki asuransi. Lain halnya bagi mereka yang menyadari betul pentingnya asuransi, maka kesulitan bagaimanapun akan mereka tempuh agar bisa memiliki asuransi. Jadi jika saat ini Anda sedang bingung memikirkan cara memilih asuransi, itu artinya Anda telah berada pada posisi yang benar, karena Anda sudah menyadari pentingnya memiliki asuransi.

Bagaimanapun keadaan Anda, memilih asuransi yang baik dalam arti sesuai dengan kebutuhan Anda, bisa memberikan keuntungan dan hal positif lainnya wajib Anda lakukan. Hal ini karena dengan memiliki asuransi berarti Anda telah membayar biaya dan akan mubadzir jika tidak bisa memilih asuransi yang baik.

Nah, agar Anda sedikit terbantu dan mengurangi rasa bingung Anda, ada beberapa poin yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih asuransi. Berikut uraiannya.

1. Sejarah atau reputasi perusahaan.

Anda bisa meneliti perusahaan asuransi yang Anda minati, misalnya dengan mengunjungi situs web mereka. Dari sini Anda dapat mengetahui informasi tentang perusahaan, misalnya berapa lama mereka telah beroperasi, misi, visi, dan nilai-nilai perusahaan lainnya, kepemimpinan perusahaan, keterlibatan masyarakat, jenis produk serta kekuatan finasialnya. Jika informasi itu tidak menjawab semua pertanyaan Anda atau membuat Anda merasa tidak yakin, cari dan teliti perusahaan yang lain.

2. Memahami kekuatan keuangan perusahaan

Jika ada situasi klaim yang sulit, Anda perlu berhati-hati. Bisa jadi ini menjadi indikasi kalau keuangan perusahaan sedang dalam kondisi yang buruk. Tentu ini bukan satu-satunya, Anda bisa teliti lebih lanjut melalui berbagai media atau ada masukan dari peserta lainnya.

3. Cakupan.

Pilihlah perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai bentuk perlindungan yang sesuai untuk kebutuhan, baik pribadi ataupun bisnis Anda.

4. Premi asuransi

Besarnya premi asuransi tentu harus menjadi pertimbangan ketika membeli asuransi, meskipun bukan satu-satunya. Tidak menutup kemungkinan nilai premi berbeda di antara perusahaan asuransi, tentu ada alasannya. Harga yang lebih rendah mungkin berarti Anda memiliki cakupan yang lebih sedikit atau sebaliknya

5. Kemudahan berinteraksi dengan perusahaan

Pahami bagaimana Anda dapat berinteraksi dengan perusahaan asuransi. Interaksi dapat meliputi : Pembayaran tagihan, pelaporan klaim, Layanan pelanggan, platform media sosial dan sebagainya. Di zaman teknologi digital seperti sekarang ini tentu pelayanan kepada konsumen yang serba online merupakan pilihan terbaik.

6. Penawaran diskon 


Dalam momen tertentu misalnya pada hari-hari besar seperti hari besar nasional 17 Agustus atau pada hari besar keagamaan, banyak perusahaan asuransi menawarkan diskon yang cukup menarik. Tentu ini bisa membantu keuangan Anda jika Anda berhasil mendapatkannya. Cari tahu diskon apa yang berlaku untuk situasi Anda saat ini, bisa melalui media sosial atau info dari teman.

Nah, itulah beberapa poin yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih asuransi. Bagaimana, cukup jelas dan apakah bisa membantu? Jangan seplekan dalam memilih asuransi, namun pasttikan jika pilihan asuransi Anda telah tepat sasaran. 



Posting Komentar

0 Komentar