Pemenuhan Kebutuhan Asam Folat Pada Masa Kehamilan

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat mengandung merupakan hal yang sangat penting dilakukan..Bagaimana tidak, jika seorang ibu hamil yang kekurangan nutrisi maka terjadinya resiko kehamilan yang tidak diinginkan akan meningkat. Banyak sekali kebutuhan nutrisi dan vitamin saat hamil yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah vitamin B9 atau yang biasa dikenal dengan asam folat.

Pentingnya asam folat untuk ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya jika seorang calon ibu kekurangan asam folat selama ia mengandung, maka yang terjadi adalah beragam komplikasi kehamilan. Terutama pada sang jabang bayi. Asam folat bisa dipenuhi dari berbagai jenis makanan atau minuman sehat. Diantaranya adalah seperti buah-buahan, sayuran, susu khusus ibu hamil, dan lain sebagainya. 




Resiko Yang Timbul Saat Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa jika kondisi sang calon ibu kekurangan asam folat dalam tubuhnya, maka hal yang akan terjadi bisa sangat membahayakan si calon jabang bayi. Lantas apa sajakah akibat yang akan terjadi? Berikut di bawah ini bisa Anda catat dan simak dengan baik beberapa resiko komplikasi kehamilan karena kekurangan asam folat :

1. Terjadinya Keguguran

Saat hamil muda, mengalami kekhawatiran akan terjadinya keguguran adalah hal yang wajar. Namun jika sebelum masa kehamilan hingga saat masa kehamilan si calon ibu telah rajin mengkonsumsi asam folat, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Dalam hal ini asam folat sangat bermanfaat menguatkan kandungan sehingga resiko keguguran pun akan berkurang.

2. Kelahiran Premature

Keadaan kandungan yang tidak sehat tentu akan menyebabkan terjadinya kelahiran premature karena bayi yang terpaksa harus dikeluarkan sebelum waktunya. Tentu saja setelah dilahirkan secara premature keadaan si bayi juga tidak bisa dikatakan baik-baik saja. Ada beberapa hal yang masih terus harus diwaspadai.

3. Menyebabkan Anemia Pada Ibu Hamil

Anemia merupakan keadaan kurangnya aliran darah dalam tubuh. Seorang ibu hamil yang kekurangan darah akan membawa resiko yang berbahaya baik itu untuk dirinya sendiri maupun untuk si jabang bayi. Asam folat sangat berguna untuk menambah aliran darah. Dengan mengkonsumsi asam folat dalam kadar banyak, tentu akan mengurangi resiko terjadinya anemia.

Masih banyak lagi resiko buruk lainnya yang bisa terjadi saat ibu hamil kekurangan asupan asam folat. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggali Informasi dari beragam web kesehatan. Salah satunya Anda bisa kunjungi laman http://www.guesehat.com/mengupas-mitos-dan-fakta-cara-membersihkan-luka. Pada laman web ini Anda bisa mendapatkan informasi mendetail lainnya untuk kehamilan. 



Posting Komentar

0 Komentar