Keuntungan Mengelola Keuangan Bisnis



Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik bisnis kecil adalah mengelola piutang Anda dengan merancang sistem yang baik dan terorganisir. Apakah Anda merasa memiliki pegangan pada sistem piutang dan hutang Anda? Berikut adalah beberapa tips untuk mencari cara untuk meningkatkan praktik pembukuan dan akuntansi Anda.

Apa itu Piutang?

Sistem hutang akun Anda adalah metode pelacakan yang Anda gunakan untuk melihat tagihan terutang dan menangani pembayaran yang perlu dikirim ke vendor eksternal Anda.

Sering kali bisnis Anda menerima produk atau layanan, tetapi pembayaran tidak dilakukan di muka. Sebaliknya, Anda ditagih untuk jumlah yang harus dibayar; kemudian pembayaran dikirim dalam jangka waktu yang ditentukan.

Sementara jumlah uang yang terutang ke bisnis dari pelanggan untuk barang atau layanan yang diberikan oleh bisnis Anda disebut dengan piutang. Piutang dicatat di neraca Anda sebagai aset lancar, yang menyiratkan saldo akun jatuh tempo dari debitur dalam satu tahun atau kurang.

Jika memerlukan waktu lebih dari satu tahun untuk mengubah akun menjadi kas, piutang tersebut dicatat sebagai aset jangka panjang atau wesel tagih di neraca. Berdasarkan akuntansi berbasis akrual, akun tersebut dikompensasikan dengan penyisihan piutang ragu-ragu, karena ada kemungkinan beberapa piutang tidak akan pernah tertagih. Penyisihan ini merupakan estimasi jumlah kredit macet yang terkait dengan aset piutang.

Keuntungan Meningkatkan Sistem Hutang Anda

1. Meminimalkan Kesalahan Manusia

Sayangnya, selalu ada risiko kesalahan manusia di setiap langkah proses ini. Pekerjaan yang sibuk dapat dilewati dengan menggunakan sistem yang menggunakan otomatisasi untuk melacak semuanya. Sistem Anda tidak hanya akan disederhanakan, tetapi Anda dapat menghindari masalah umum yang terjadi jika ada kesalahan.

Sistem akuntansi yang baik memiliki fitur check and balances, membantu Anda menangkap potensi kesalahan jika itu terjadi. Pendekatan proaktif ini penting untuk meminimalkan risiko penipuan yang sedang berlangsung dalam organisasi Anda. Kita hidup di masa penipuan merupakan risiko potensial dalam bisnis apa pun, jadi Anda harus rajin melindungi kepentingan perusahaan Anda.

2. Menghemat Uang

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bahwa membayar tagihan akan menghemat uang Anda. Namun, ingatlah bahwa tetap mengikuti tagihan yang belum dibayar tersebut memungkinkan Anda untuk menghindari biaya tambahan, seperti biaya bunga dan biaya keterlambatan.

Jika Anda mencoba untuk mengelola arus kas Anda, maka Anda harus yakin bahwa Anda proaktif dalam menghindari pengeluaran yang tidak perlu untuk bunga dan biaya. Sistem hutang dagang yang baik mengurangi kemungkinan pembayaran terlambat karena Anda selalu mendahului saldo yang jatuh tempo.

3. Laporan Keuangan Sederhana

Memusatkan sistem piutang dan hutang Anda adalah cara yang efektif untuk memiliki akses ke laporan keuangan penting. Ketika Anda membuat keputusan bisnis, baik besar maupun kecil, merupakan hal yang bagus jika Anda memiliki gambaran yang jelas mengenai kesehatan keuangan perusahaan Anda.

Laporan-laporan ini dapat diakses dengan cepat dan mudah, memberikan Anda informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang cerdas mengenai uang yang dibelanjakan. Ingin catatan piutang Anda lebih mudah dikelola? Gunakan saja aplikasi “BukuKas”. Dengan aplikasi ini maka keuangan bisnis Anda lebih mudah dikelola.
 
 
 
 

Posting Komentar

0 Komentar